Komplikasi di Tubuh Dortmund

February 06, 2015


Kekalahan Borussia Dortmund atas Augsburg dini hari kemarin (5/2/2015) di stadion kebanggaan mereka, Signal Iduna Park, tak hanya menodai harkat dan martabat mereka di depan publiknya sendiri, namun juga mengokohkan tempat Der BVB di dasar klasemen Bundesliga. Walau dalam laga tandang pekan kemarin Dortmund sempat berhasil menahan imbang tim peringkat dua, Bayer Leverkusen, namun mereka gagal kembali menunjukkan kualitasnya sebagai tim papan atas Jerman.
Pada awal musim, Dortmund memang sempat berkutat dengan masalah cederanya beberapa pemain penting, semisal Nuri Sahin, Marco Reus, dan Mats Hummels, tetapi ketika memasuki pekan ke-19, alasan klasik ini pun perlahan tak bisa diterima oleh akal sehat. Menjuarai Bundesliga dua tahun berturut-turut pada tahun 2011 dan 2012 dan menjadi runner-up Bundesliga di 2013 dan 2014, juga predikat finalis Liga Champions di tahun 2013 membuat Dortmund sesungguhnya tidak layak menjadi juru kunci klasemen. Tapi kini Dortmund sedang sakit parah, baik jiwa dan raga mereka diserang berbagai penyakit, di antaranya:
Infertilitas
Dalam reproduksi, fertilisasi atau pembuahan bisa terjadi ketika spermatozoa (sel sperma) bertemu denganovum (sel telur), untuk itu dibutuhkan kualitas sperma yang mumpuni agar sel tersebut bisa mencapai sel telur. Sedangkan infertilitas adalah anti-tesis dari pembuahan atau kesuburanInfertilitas atau kemandulan adalah isu yang sangat penting, bukan hanya untuk pasangan suami istri, namun juga untuk Borussia Dortmund.  
Selepas ditinggal Robert Lewandowski, isi pundi-pundi gol Die Borussen pun menurun tajam. Pada musim lalu, striker asal Polandia ini berhasil mencetak 20 gol untuk Dortmund. Jurgen Klopp berharap Ciro Immobile, yang diboyong dari Torino, bisa menjadi penerus Lewandowski, mengingat rekornya di Torino yang berhasil mencetak 22 gol di musim lalu.
Di Dortmund, Immobile mengemban tugas untuk membuahi lawan-lawannya, tapi ia gagal. Kualitas sperma yang ia miliki tak seampuh dulu ketika ia bersenggama bersama Torino. Dari 15 laga yang sudah dijalani Immobile bersama Dortmund, ia baru mencetak tiga gol. Dibutuhkan waktu memang untuk meningkatkan kualitas Immobile agar kembali pada performa terbaiknya.
Selain Immobile, striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang kini juga sedang mengalami degradasi kualitas sebagai pencetak gol ulung. Walau menjadi top scorer di Bundesliga untuk Dortmund dengan torehan lima gol dari 18 laga, Aubameyang masih dinilai gagal membuat produksi gol Dortmund meningkat, apalagi jika dibandingkan dengan penampilannya musim lalu yang membuahkan 13 gol dan empat assist.
Impotensi
Berkaitan dengan reproduksi, impotensi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya infertilitas. Dalam hubungan seksual, disfungsi ereksi atau impoten adalah ketidakmampuan pria menjaga ereksi ketika berhubungan seksual. Dengan begitu, fertilisasi atau pembuahan erat hubungannya dengan fungsi ereksi.
Seakan tak cukup dengan kemandulan lini depan, Borussia Dortmund juga kewalahan dengan lini tengahnya yang impoten. Meski memiliki banyak gelandang kreatif macam Marco Reus, Shinji Kagawa, Nuri Sahin, dan Henrikh Mkhitaryan, namun kemampuan mereka untuk tegak menghadapi lawan layak dipertanyakan. Sejatinya, ereksi menghasilkan kreasi dan inilah yang ditunggu dari pemain-pemain kreatif macam mereka. Seharusnya mereka bisa berkreasi mengantarkan gol ke lini depan mereka.
Di musim 2013-2014, Reus dan Mkhitaryan menjadi salah dua pemain yang berhasil membuat dua digitassist. Musim lalu Reus berhasil menorehkan 13 assist, sedangkan Mkhitaryan menberikan 10 assistuntuk BVB. Tak hanya piawai dalam memberi umpan, kedua pemain ini juga aktif dalam urusan mencetak gol. Reus menciptakan 16 gol dan Mkhitaryan dengan sembilan golnya. Cukup produktif untuk hitungan pemain yang mengisi lini kedua.
Berkurangnya gairah kedua pemain tersebut di musim ini makin memperparah impotensi lini tengah BVB. Reus baru tampil di sembilan laga Bundesliga dengan torehan tiga gol dan dua assist. Mengingat ia sempat mengalami cedera panjang di awal musim, torehannya tersebut masih bisa kita maklumi. Namun tidak demikian halnya dengan Mkhitaryan, dari 14 laga, pemain asal Armenia ini sama sekali belum mencetak gol ataupun assist di Bundesliga!
Reuni Dortmund dengan Kagawa diharapkan bisa mengembalikan memori indah mereka di 2011. Ketika itu, Kagawa menjadi pusat serangan BVB dengan mencetak 13 gol dan enam assist. Namun Kagawa masih belum bisa menyembuhkan impotensi yang dia dapatkan semenjak bersama Manchester United. Ia baru mencetak sebiji gol dan belum sama sekali memberikan assist untuk rekannya. Hal ini menjadikan impotensi lini tengah BVB sudah memasuki stadium empat.
Gangguan Psikis
Menarik benang merah dari permasalahan reproduksi, gangguan mental juga bisa menjadi penyebab menurunnya gairah dalam persenggamaan. Tak hanya faktor fisik dan hormon, gangguan psikis atau mental menjadi alasan lain menurunnya tingkat produktivitas seseorang.
Kekalahan lima kali secara beruntun yang diderita BVB dari pekan kelima hingga pekan ke-10 menjadi mimpi buruk untuk anak asuhan Jurgen Klopp ini. Tak hanya sekedar kehilangan poin demi poin, kehilangan kepercayaan diri membuat BVB terjangkit amnesia yang lupa akan identitas dirinya sebagai tim yang tak hanya baik di Bundesliga, namun juga di level Eropa, bahkan dunia.
Dengan penyakit komplikasi yang diderita BVB kali ini, dukungan suporter yang tiada hentinya diharapkan menjadi obat yang mujarab untuk mengembalikan BVB ke level sebenarnya. Akan tetapi suporter juga manusia, yang memiliki tingkat kesabaran. Dan dengan kejadian tadi malam, ketika kiper BVB, Roman Weidenfeller bersama Hummels menenangkan amarah pendukungnya, tampaknya BVB harus mulai mencari obat yang baru.         

Foto cover: espnfc.com
Statistik: whoscored.com

You Might Also Like

1 comments


  1. Fantastic goods from you, man. I've keep in mind your stuff prior to and you are just too great. I really like what you have got right here, certainly like what you're saying and the way in which you assert it. You make it enjoyable and you continue to care for to keep it smart. I can't wait to read much more from you. This is really a terrific website. hotmail sign in

    ReplyDelete